Rapat Koordinasi Pengadilan Agama Gianyar

 Rapat 1

Senin, 9 November 2020 bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Gianyar, dilaksanakan rapat kordinasi bulanan Pengadilan Agama Gianyar sebagai evaluasi terhadap kinerja seluruh aparatur selama satu bulan dan sebagai wahana penyampaian informasi-informasi penting yang diterima baik oleh pimpinan maupun oleh aparatur Pengadilan Agama Gianyar lainnya melalui beberapa kegiatan sebelumnya.

Rapat yang dimoderatori oleh Sekretaris Pengadilan Agama Gianyar Sukiah, SH dimulai pukul 09.15 Wita. Setelah rapat dibuka, dan pimpinan rapat diserahkan kepada Ketua Pengadilan Agama Gianyar, Ketua mempersilahkan kepada bagian kepaniteraan dan kesekretariatan untuk menyampaikan informasi yang diperoleh selama pelaksanaan bimbingan teknis di Mataram pada tanggal  19 sampai dengan 21 Oktober 2020 di Hotel Jayakarta Lombok Utara. Hal penting yang disampaikan pada bimtek tersebut adalah instruksi Ketua Pengadilan Tinggi Matarama agar seluruh pegawai Pengadilan Agama di Wilayah PTA Mataram dapat meningkatkan kinerjanya terlebih sudah ada kenaikan tunjangan kinerja. Selanjutnya mewakili bidang kepaniteraan, Panitera Mardiana, S.H. menyampaikan beberapa poin mengenai hasil bimtek di bidang kepaniteraan dan Arif Rahman Hakim, S.Sos mewakili bidang kesekretariatan menyampaikan beberapa poin mengenai hasil bimtek di bidang kesekretariatan.

Rapat 2

Setelah penyampaian hasil bimtek tersebut, selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Gianyar, menyampaikan hasil rapat kordinasi di PTA Mataram pada hari Kamis tanggal 5 November 2010. Diantaranya apa yang disampaikan oleh KPTA Mataram. Waka PTA Mataram, Panitera PTA Mataram dan Sekretaris PTA Mataram.

Hal-hal yang disampaikan  oleh KPTA Mataram Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., adalah :

  • Mengenai peningkatan kinerja khususnya SIPP
  • Perlunya kehati-hatian dalam pelaksanaan tugas agar terhindar dari pengaduan dengan cara meningkatkan pengetahuan mengenai tugas pokok dan fungsi terutama hukum acara bagi hakim,
  • Pengajuan cuti bagi hakim agar tidak disampaikan secara mendadak dan untuk cuti alasan penting harus dilampirkan surat-surat yang terkait dengan alasan pentingnya.

Hal-hal yang disampaikan oleh Waka PTA Mataram Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn adalah :

  • Mengenai teknik penulisan dan penyusunan putusan.
  • Teknis mengenai eksekusi anak
  • Tidak diperbolehkannya mengakumulasi isbat nikah dengan penetapan anak.

Hal-hal yang disampaikan oleh Panitera PTA Mataram Drs. M. Sidik, M.H., adalah :

  • Perlunya sinergitas hakim dan Panitera Pengganti dalam pelaksanaan tugas sehari-hari terutama dalam penyelesaian perkara dan penginputan tundaan sidang serta upload Berita Acara sidang dan putusan di SIPP untuk meningkatkan kinerja SIPP di wilayah PTA Mataram
  • Untuk percepatan penyelesaian perkara, maka panggilan delegasi (tabayyun) ke Pengadilan Agama lain di wilayah PTA Mataram harus bisa dilaksanakan dalam waktu satu minggu.

Hal-hal yang disampaikan oleh Sekretaris PTA Mataram, Misnuddin, S.H., M.H., adalah :

  • Penyerapan anggaran jangan sampai tidak tercover dengan baik.
  • Untuk laporan tahunan agar dicicil dari sekarang supaya tidak memberatkan pada saat penyusunannya di awal tahun depan.

Setelah Ketua Pengadilan Agama Gianyar menyampaikan hasil rapat koordinasi di PTA Mataram, kemudian rapat dilanjutkan dengan pembahasan masalah-masalah internal diantaranya : mengenai dokumen elektronik perkara-perkara yang sudah diputus, perlunya seluruh aparatur untuk selalu menjaga kebersihan kantor, kehati-hatian dalam melaksanakan tugas terutama yang berhubungan langsung dengan para pihak agar jangan sekali-kali melakukan pungli, dan lain-lain.

    

    

Hubungi Kami

Peta Lokasi

alamat kantor