Pengadilan Agama Gianyar Ikuti Pendampingan Pembangunan Zona Integritas

 

WhatsApp Image 2021 07 23 at 17.42.30

Jumat, 23 Juli 2021 bersama ratusan satker peradilan agama, Pengadilan Agama Gianyar mengikuti kegiatan pendampingan pembangunan Zona Integritas melalui aplikasi zoom meeting yang diselenggarakan oleh Badan Direktorat Jenderal Peradilan Agama (Badilag). Kegiatan ini didasarkan pada surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2225/DJA/HM.00/7/2021 tertanggal 15 Juli 2021 perihal Pendampingan Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM dan persiapan penilaian.

WhatsApp Image 2021 07 23 at 17.49.42

 

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan doa berasama, yang selanjutnya dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. yang selanjutnya menyampaikan pembinaan terkait kebijakan-kebijakan Dirjen Badilag tahun 2021 yang harus ditindak lanjuti oleh satuan kerja tingkat banding dan tingkat pertama di lingkungan peradilan agama, diantaranya :

  • Pelaksanaan Aplikasi CCTV Online sebagaimana surat Dirjen Nomor 076/DjA.2/HM.02.3/1/2021, tanggal 7 Januari 2021, di 4 area pengadilan yaitu ruang PTSP, ruang tunggu, ruang aula dan halaman depan yang berfungsi sebagai untuk Meningkatkan disiplin pegawai, untuk memastikan pelayanan publik berjalan dengan baik, untuk memastikan penerapan protokol pencegahan Covid-19, dan upaya mencegah praktek pungli di sekitar pengadilan
  • Standar pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas di lingkungan Peradilan Agama sebagaimana Surat Dirjen Nomor : 206/DJA/SK/I/2021 Tanggal : 19 Januari 2021
  • Pelaksanaan Eksaminasi Hakim Peradilan Agama Secara Elektronik Melalui Aplikasi E-Eksaminasi Tahap I Tahun 2021 sebagaimana surat Dirjen Nomor 222/DJA.2/KP.02.3/1/2021, tanggal , Januari 2021, yang bertujuan untuk Pemetaan Kualitas Putusan Hakim, Menyusun Kebijakan Pembinaan Teknis Yustisial dan sebagai bahan pertimbangan promosi dan mutas.
  • Kompilasi Putusan Perkara Ekonomi Syaria sebagaimana surat Dirjen Nomor : 250/DJA.2/HK.05/1/2021 Tanggal : 25 Januari 2021 yang bertujuan untuk mengumpulkan putusan ekonomi syari’ah dari tahun 2006-2021, meningkatkan kualitas putusan perkara ekonomi Syariah, memperluas hasanah dan wawasan tenaga teknis khususnya hakim terkait ekonomi syari’ah, dan mempermudah akses masyarakat terhadap produk pengadilan
  • Peningkatan kualitas Pelanyanan sebagaimana Surat Dirjen Nomor 1717/DjA/HM.00/5/2021, tanggal 31 Mei 2021, dan Nomor 1812/DjA/HM.00/6/2021, tanggal 09 Juni 2021 yang pada pokoknya tidak memberikan askes pelayanan pada oknum-oknum selain pihak yang berperkara dan pemberian identitas kartu pada pengunjung Pengadilan, pencegahan covid-19, penyediaan petugas gugatan mandiri, monitoring penerapan aplikasi badilag dan melaporkan aplikasi yang dibuat sendiri, larangan untuk mengarahkan para pihak pada advokat tertentu serta memastikan panggilan disampaikan oleh jurusita dengan sah dan patut.
  • Jaminan Pemenuhan Hak[1]hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian sebagaimana surat Dirjen Nomor 1960/DJA/HK.00/6/2021, tanggal 18 Juni 2021, diantaranya dengan memastikan tersedianya informasi hak-hak istri dan anak pasca perceraian di berbagai media informasi, memaksimalkan fungsi PTSP dan Posbakum, menyediakan templete/blanko surat gugatan yang memuat tuntutan hak-hak istri dan anak, menata kembali layout posbakum sesuai standar yang ada dalam surat dirjen badilag tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan,. Hakim dapat mempedomani aturan-aturan terkait perlindungan perempuan dan anak, dan melakukan kerjasama dengan lembaga terkait dalam pelaksanaan putusan.
  • Himbauan Pemasangan Poster Penyampaian Keluhan dan Pengaduan Pungutan Liar atas Pelayanan di Lingkungan Peradilan Agama sebagaimana surat Dirjen Nomor 2220/DjA/OT.01.3/7/2021, tanggal 15 Juli 2021.

Usai Dirjen Badilag menyampaikan pembinaan, acara dilanjutkan dengan pendampingan pembangunan Zona Integritas dengan moderator Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. sekretaris Dirjen Badilag. Pendampingan Zona Integritas yang pertama dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI yang disampaikan oleh Fery Taufiq Ferdiansyah S.E., M.Ak., yang menyampaian beberapa hal terkait titik kritis yang menjadi penghalang satker meraih penilaian maksimal untuk meraih predikat WBK / WBBM, diantaranya tidak ada tindak lanjut dari hasil pengawasan baik pengawasan internal maupun eksternal, kurangnya pemahaman yang konprehensif pada saat desk evaluasi, adanya gap atau perbedaan antara kenyataan di lapangan ketika dievaluasi dengan informasi yang diperoleh pada saat desk informasi, serta adanya clearance dari institusi seperti bareskrim dan KPK.

WhatsApp Image 2021 07 23 at 17.42.30 3

Selanjutnya pendampingan pembangunan Zona Integritas dilanjutkan oleh narasumber dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang disampaikan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Drs. Agus Uji Hantara, AK, ME., yang menyampaikan beberapa hal diantaranya evaluasi pembangunan ZI tahun 2020, langkah-langkah unit kerja menuju WBK dan WBBM, Regulasi WBK dan WBBM dan lain-lain terkait pembangunan Zona Integritas. Pada sesi penyampaian materi oleh Kemenpan RB ini diikuti antusias oleh para peserta zoom meeting terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan dan kemudian dibahas dalam forum tanya jawab.

WhatsApp Image 2021 07 23 at 17.42.30 2

Acara kemudian dilanjutkan dengan penekanan-penekanan terkait zona Integritas dari Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H. M.H., yang diantaranya menyampaikan agar seluruh satker dan aparatur pengadilan agama tetap semangat untuk merebut WBK dan WBBM, tidak perlu menanyakan apakah akan ada mistery shopper ke satuan kerjanya atau tidak, karena yang terpenting dilakukan adalam mengkondisikan agar kantor selalu dalam keadaan bersih, baik dan tertib, selain itu Dirjen juga menyampaikan agar setiap pengaduan harus dijawab jangan tidak dijawab, karena kalau tidak dijawab akan menjadi tolok ukur bahwa aduan itu benar adanya. Terakhir Dirjen menyampaikan selamat berjuang kepada seluruh aparatur peradilan agama, tetap jaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Acara kemudian ditutup dan diakhiri pukul 16.40 WIB.

    

    

Hubungi Kami

SINOPAK

Peta Lokasi

alamat kantor