Tingkatkan Akuntabilitas dan Responsibilitas, Ketua PA Gianyar Lakukan Pemantauan

Penyelesaian Perkara Triwulan II

 

pemantauan penyelesaian perkara

 

Bertempat di ruang kepaniteraan, Ketua Pengadilan Agama Gianyar, Dodi Yudistira, S.Ag., M.H., melakukan pemantauan penyelesaian perkara triwulan kedua pada Selasa 27 Juli 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Panitera, Panitera Muda, dan staff kepaniteraan Pengadilan Agama Gianyar.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 15.00 Wita ini diawali dengan kata pembukaan dari Ketua yang menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk konsistensi dari kegiatan serupa yang telah dilaksanakan pada triwulan pertama pada bulan April lalu sebagai salah satu sarana evaluasi terhadap penyelesaian perkara sebagai core bisnis utama di Pengadilan Agama Gianyar. Sebagaimana pemantauan penyelesaian perkara triwulan pertama lalu tujuan dari pemantauan penyelesaian perkara ini adalah untuk meninjau secara langsung kinerja aparatur Pengadilan Agama Gianyar di bidang kepaniteraan dalam menyelesaikan perkara-perkara yang ditanganinya.

Dalam rapat pemantauan penyelesaian perkara triwulan I kali ini dilaporkan keadaan perkara sebagai berikut :

  • Jumlah perkara masuk sampai Selasa 27 Juli 2021 sebanyak 23 perkara terdiri dari 20 perkara gugatan dan 3 perkara permohonan
  • Jumlah perkara prodeo sebanyak 2 perkara yaitu perkara cerai gugat, dan biaya prodeo masih tersisa untuk 1 perkara lagi.
  • Jumlah perkara yang mendaftar melalui e-court sebanyak 12 perkara gugatan
  • Julah perkara yang diputus sampai Selasa 27 Juli 2021 sebanyak 18 perkara terdiri dari 15 perkara gugatan dan 3 perkara permohonan
  • Tidak ada perkara yang diselesaikan melebihi waktu 5 bulan
  • Belum ada perkara yang diselesaikan dalam sidang e-litigasi
  • Keuangan perkara :

Saldo panjar biaya perkara di Bank Rp. 5.015.000,- (lima juta lima belas ribu rupiah) di Kasir Rp.1.175.000 (satu juta seratus tujuh puluh lima ribu rupiah)

Saldo biaya eksekusi di Bank Rp.8.086.000,- (delapan juta delapan puluh enam ribu rupiah) di Kasir Rp.0,- (nol rupiah)

Saldo biaya proses Rp.852.000,- (delapan ratus lima puluh dua ribu rupiah)

Didiskusikan pula dalam rapat mengenai adanya selisih saldo biaya perkara sebesar Rp.36,- (tiga puluh enam ribu rupiah) yang menjadi temuan BPK yang saat ini sudah ditindaklanjuti, di rekening koran pun sudah nol sejak bulan Juni 2021, dan bukti-bukti itu akan segera disampaikan laporannya ke Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

Semoga dengan kegiatan pemantauan penyelesaian perkara per triwulan ini, reseponsibilitas para punggawa kepaniteraan Pengadilan Agama Gianyar semakin tinggi dan mereka selalu bersemangat dalam menyelesaikan tugasnya,  sehingga penyelesaian perkara semakin pun terkontrol dan akuntabel.

    

    

Hubungi Kami

SINOPAK

Peta Lokasi

alamat kantor