Seputar Peradilan

Ketua PA Gianyar Ingatkan Persiapan Menyambut Ramadan

tarhib

Bertempat di mushola khusus pegawai di lantai 2, Pengadilan Agama Gianyar selenggarakan kegiatan tarhib menyambut bulan suci ramadan  1443 Hijriah / 2022 Masehi pada Kamis 24 Maret 2022. Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 Wita tersebut dihadir oleh pimpinan dan seluruh aparatur Pengadilan Agama Gianyar.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Gianyar Dodi Yudistira, S.Ag., M.H. menyampaikan tausiyah terkait persiapan menyambut bulan suci Ramadan. Ketua mengingatkan secara umum ada 2 persiapan yang harus dimiliki oleh setiap pribadi muslim untuk menyambut bulan suci Ramadan, yaitu persiapan ruhani dan jasmani. Termasuk dalam persiapan ruhani yaitu persiapan keimanan, persiapan niat, persiapan ilmu dan persiapan perasaan. Persiapan iman yang dimaksud adalah setiap pribadi muslim harus haqqul yakin bahwa perintah puasa adalah perintah langsung dari Allah SWT sebagai instrumen bagi kaum yang beriman untuk menuju taqwa. Adapun perisapan niat adalah agar setiap kaum muslimin benar-benar meluruskan niatnya untuk beribadah puasa dan melaksanakan ibadah-ibadah lainnya dengan tulus ikhlas hanya mengharap ridho Allah SWT, sedangkan persiapan ilmu adalah agar pelaksanaan ibadah puasa dan ibadah lain di bulan Ramadan dilaksanakan dengan ilmu yang benar yang bersandar pada Al-Quran dan sunnah, dan persiapan perasaan adalah agar kehadiran Ramadan disambut gembira sebagai karunia Allah SWT.

Lebih lanjut ketua menyampaikan yang termasuk persiapan jasmani atau material adalah persiapan fisik yang sehat agar kuat dan sanggup menjalankan ibadah puasa, dan persiapan harta terbaik untuk dikeluarkan zakatnya, infaknya dan shadaqahnya. Ibadah di bulan suci ramadan adalah kawah candradimuka yang menggembleng dan mendidik umat untuk bermetamorfosis menjadi umat yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Disamping tarhib menyambut Ramadan, pada kesempatan itu juga salah seorang pegawai yakni panitera muda gugatan Pengadilan Agama Gianyar, H. Abdul Hakim, S.H., menyampaikan permohonan pamit untuk melaksanakan ibadah umrah, mohon doa untuk kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan umrohnya. 

Diakhir acara setelah doa bersama, seluruh aparatur Pengadilan Agama Gianyar bersalam-salaman saling memaafkan satu sama lain atas segala salah ucap dan tingkah laku selama ini, agar di saat ramadan tiba hati sudah bersih dan Ramadan siap dijalani dengan hati yang tulus, ikhals.,