Seputar Peradilan

RAMADHAN BERBAGI KERJABARENG PA GIANYAR DAN BAZNAS KAB. GIANYAR

2022 04 15 at 02 10 49

Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Gianyar, pada Kamis 14 April 2022 diadakan kegiatan santunan anak yatim dan kaum dhua’fa yang diselenggarakan atas kerjasama Pengadilan Agama Gianyar dengan BAZNAS Kabupaten Gianyar. Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Aparatur Pengadilan Agama Gianyar dan Jajaran Pengurus BAZNAS Kabupaten Gianyar tersebut dimulai pada pukul 14.30 Wita dipandu oleh Bq. Ratnilasari, S.E., selaku pembawa acara.

Mengawali acara setelah pembukaan, Ketua BAZNAS Kabupaten Gianyar, H. Ibnu Athoillah, S.T., M.T., dalam sambutannya menyampaikan bahwa momentum ramadhan adalah saat yang tepat bagi BAZNAS untuk mentasyarufkan Zakat, Infak Shadaqah yang telah dikumpulkan oleh BAZNAS kepada mereka yang berhak. Zakat, infak maupun shadaqah yang hari ini diterima oleh anak-anak yatim dan kaum dhua’fa yang hadir saat ini adalah sebagai bentuk empati dari mereka yang mempunyai kelebihan materi bagi kaum dhuafa.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Gianyar Dodi Yudistira, S.Ag., M.H. menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Gianyar yang telah terjalin selama hampir dua tahun ini sehingga dapat terlaksana kegiatan santunan untuk anak-anak yatim dan kaum dhu’afa untuk kedua kalinya. Ketua berharap agar kerjasama yang baik ini dapat terus dijalin sehingga sinergitas antara Pengadilan Agama Gianyar dengan BAZNAS dapat terpelihara dengan baik meskipun pada kedua lembaga ini telah berganti kepemimpinan atau kepengurusannya. Ketua meyakini bahwa pada kepemimpinan terdahulu yang ada di Pengadilan Agama Gianyar juga selalu diadakan kegiatan santunan bagi anak yatim atau kaum dhu’afa, tapi hanya bersifat internal, dan setelah bersinergi dengan BAZNAS telah terselenggara santunan yatim dan dhu’afa dapat diselenggarakan lebih meriah, dan materi baik berupa uang maupun sembako yang didapat oleh anak-anak yatim serta kaum dhu’afa menjadi lebih banyak jumlahnya.

Lebih lanjut, Ketua Pengadilan Agama Gianyar menyampaikan permohonan maaf bahwa pembagian santunan untuk anak-anak yatim dan dhuafa diselenggarakan pada jam kerja, dan tidak dilaksanakan menjelang buka puasa bersama. Meski demikian, bagi anak-anak yatim dan kaum dhuafa yang hadir telah disiapkan nasi kotak untuk dibawa pulang dan dimakan di rumah masing-masing.

Pada kesempatan kali ini pembagian santunan untuk anak yatim dan kaum dhu’afa diberikan kepada 18 orang anak yatim dan kaum dhu’afa yang ada disekitar kantor Pengadilan Agama Gianyar dan 7 orang tenaga kontrak di lingkungan Pengadilan Agama Gianyar. Santunan yang diberikan dari Pengadilan Agama Gianyar adalah berupa 25 amplop uang tunai yang dikumpulkan dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pengadilan Agama Gianyar dan makanan untuk berbuka puasa, sedangkan santunan dari BAZNAS Kabupaten Gianyar berupa 1 paket sembako. Acara kemudian diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Ahmadi, S.H.