Seputar Peradilan

TAUSIYAH DAN KHOTMIL QURAN WARNAI PERINGATI NUZULUL QURAN DI PA GIANYAR

Bertempat di Mushola Al-Ahkam Pengadilan Agama Gianyar, pada Selasa 19 April 2022 digelar peringatan Nuzulul Quran yang dihadiri oleh karyawan-karyawati Pengadilan Agama Gianyar. Bertindak selaku pembawa acara Mawandi, S.H. dan Ketua Pengadilan Agama Gianyar Dodi Yudistira, S.Ag., M.H., menyampaikan mauidzah hasanah dengan tema mencintai Alquran sebagai pedoman hidup.

WhatsApp Image 2022 04 20 at 13.58.37

Dalam tausiyah singkatnya, Ketua menyampaikan bahwa ayat pertama Alquran yang diturunkan oleh Allah SWT pada Rasulullah SAW adalah “iqra” yang artinya membaca. Hal ini mengisyaratkan bahwa kita sebagai manusia harus mau membaca ayat-ayat Allah baik ayat qouliyah yaitu kalam-kalam ilahi yang termaktub dalam Alquran maupun membaca ayat-yat kauniyah yaitu gelaran semesta alam yang darinya dapat direnungkan betapa Maha Besar nya Allah yang telah menciptakan semua itu. Dengan membaca ayat-ayat qouliyah dan kauniyah diharapkan kita sebagai hamba-Nya menjadi hamba yang tahu dan mengenali kelemahan diri sehingga tidak menyombongkan diri di hadapan Allah SWT.

Lebih lanjut ketua menyampaikan bahwa ayat-ayat qouliyah yang termaktub dalam Alquran adalah pedoman hidup bagi seorang muslim, yang harus dicintai, dipelajari, dibaca, diyakini kebenarannya dan diamalkan. Dan bagi seorang muslim Alquran harus menjadi rujukan utama untuk menjalani kehidupan ini. “Tak ada artinya alquran yang bagus kalau tak pernah dibaca dan hanya dipajang saja di lemari, sempatkan waktu untuk membaca Alquran, jika mampu satu juz sehari bacalah satu juz, mampu satu atau dua maqra sehari bacalah, mampu satu ayat bacalah satu ayat itu, dan kalau tidak satu ayat pun yang kita baca maka bertanyalah pada diri kita sendiri, bagaimana bisa kita sebagai seorang muslim tidak mampu dan tidak mau membaca kitab suci ini” tegas ketua.

Usai mauidzah hasanah, wakil Ketua Pengadilan Agama Gianyar Hj. Lia Auliyah, S.H.I., M.H., mengusulkan untuk diadakan khotmil quran dengan membagi pembacaan per-juz Alquran kepada aparatur Pengadilan Agama Gianyar sesuai kemampuannya untuk diselesaikan bacaannya sampai Rabu siang tanggal 20 April 2022. Maka dibagilah bacaan alquran untuk tiap orang, ada yang membaca 4 Juz, 3 Juz, 2 Juz dan 1 Juz, dan alhamdulillah dalam satu hari seluruh bacaan berhasil diselesaikan pada Rabu siang usai sholat dzuhur berjamaah. Semoga cahaya alquran selalu menyinari kita semua, dan nilai-nilai kandungannya dapat kita jadikan sebagai pedoman hidup kita di dunia dan di akhirat kelak.