Seputar Peradilan

Cegah Pernikahan Dini, Pengadilan Agama Gianyar Koordinasi

dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar

2022 05 24 at 11 29 18

Selasa, 24 Mei 2022, pukul 09:30 WITA, bertempat di ruang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Ketua Pengadilan Agama Gianyar melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar dalam rangka menindak lajuti surat Direktorat Jendral Bandan Peradilan Agama tentang Koordinasi dan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kesehatan.

Ketua Pengadilan Agama Gianyar Dodi Yudistira, S.Ag., yang didampingi oleh Wakil Ketua Hj. Lia Auliyah, S.H.I., M.H., hakim Putri Miftakhul Khusaini, S.H.I., panitera Mardiana, S.H., sekretaris Sukiah, S.H., menyampaikan bahwa maksud dan tujuan melakukan koordinasi ini perlu dilakukan guna menekan angka permohonan dispensasi perkawinan dalam lingkup masyarakat Kabupaten Gianyar. Kemudian Ketua Pengadilan Agama Gianyar  menyampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk bekerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).

Upaya yang akan dilakukan adalah peningkatan edukasi kesehatan reproduksi, pentingnya kesiapan fisik, mental dan ekonomi pada anak usia sekolah dan remaja. Selain itu, meningkatkan sosialisasi dampak pernikahan dini pada orang tua, anak, tokoh agama, tokoh masyarakat, dll.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar dr. Ida Komang Upeksa menyampaikan terimakasih atas kunjungan dari pimpinan Pengadilan Agama Gianyar, serta berkoordinasi terkait penekanan angka pernikahan dini di Kabupaten Gianyar. Kepala Dinas Kesehatan akan segera menindaklanjuti hal tersebut dan akan segera melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama untuk melakukan kerjasama terkait penekanan angka permohonan dispensasi perkawinan atau pernikahan dini di wilayah Kabupaten Gianyar, Bali. (pmk)