Seputar Peradilan

HATIBINWASDA PTA MATARAM 2 HARI LAKUKAN PENGAWASAN DI PA GIANYAR

Pengawasan Juni 2022

Senin 13 Juni 2022 Pengadilan Agama Gianyar mendapat kunjungan tamu istimewa yaitu tim pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Mataram yang melakukan pengawasan dan pembinaan reguler meliputi manajemen peradilan, administrasi perkara, adminstrasi persidangan, administrasi umum dan pelayanan publik. Tujuan pengawasan ini sendiri adalah untuk menjaga terselenggaranya manajemen peradilan dengan baik dan benar, menjaga terwujidnya tertib administrasi perkara, menjaga terwujudnya tertib administrasi persidangan, menjaga terwujudnya tertib administrasi umum, meningkatkan kinerja pelayanan publik.

Adapun anggota tim pengawasan dan pembinaan yang ditugaskan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram untuk melakukan pengawasan di Pengadilan Agama Gianyar yaitu H. Marzuqi, S.H., M.H. (Hakim Tinggi), Drs. H. Abdul Salam, S.H., M.H. (Hakim Tinggi), H. Mardum, S.H. (Panitera Pengganti) dan Ryan Syahfudi, S.Kom., S.H. (Perencana Ahli Muda). Keempat anggota tim ini datang pada hari senin bersama rombongan tim pengawas lainnya yang ditugaskan di Pengadilan Agama lain di pulau Bali.

Tanpa menunggu lama, di hari Senin tanggal 13 Juni 2022 setibanya di Pengadilan Agama Gianyar, tim yang diketuai oleh H. Marzuqi, S.H., M.H. langsung melaksanakan pengawasan sesuai bidangnya masing-masing sampai jam 16.30 Wita, dan pengawasan dilanjutkan kembali pada Selasa pagi hingga pukul 12.00 Wita. Dan pada pukul 14.30 Wita tim pengawas menyampaikan ekspose atas hasil pengawasaan dan pembinaan tersebut.

Dalam kegiatan ekspose tersebut,  Ketua Pengadilan Agama Gianyar terlebih dahulu menyampaikan sambutan ucapan terima kasih atas kehadiran tim pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Mataram serta menyampaikan permohonan maaf apabila banyak kekurangan dalam penerimaan dan pelayanan selama 2 hari di Gianyar. Dengan adanya pengawasan dan pembinaan ini Ketua berharap agar Pengadilan Agama Gianyar dapat berbenah untuk lebih baik lagi, semua temuan yang disampaikan oleh tim pengawas akan ditindaklanjuti se-segera mungkin.

Selanjutnya Ketua Tim pengawas dan anggota tim secara bergantian menyampaikan hasil temuan masing-masing, dimana pada pokoknya secara keseluruhan Pengadilan Agama Gianyar sudah baik dan tertib, adapun kesalahan ataupun kekeliruan yang ditemukan oleh tim pengawas di Pengadilan Agama Gianyar hanyalah kekeliruan kecil yang dapat diperbaiki dengan segera. Ketua Tim kemudian menyampaikan seluruh hasil temuan dan kontrak kerja kepada Ketua Pengadilan Agama Gianyar untuk ditindaklanjuti dalam jangka waktu 1 bulan ke depan.